Resep Masakan Khas Bali Lawar Ayam

                             Resep Masakan Khas Bali Lawar Ayam
Resep Masakan Khas Bali Lawar Ayam . Lawar adalah masakan khas tradisional Bali yang terbuat dari suwiran daging yang dicampur dengan campuran bumbu dann juga sayuran. Saat ini masakan khas Lawar ini sudah banyak di jual di banyak rumah makan di pulau Dewata. Makanan lawar khas Bali ini dapat menggunakan beberapa macam daging sebagai bahan baku untuk membuatnya. Tetapi kali ini yang akan kami jelaskan dibawah ini adalah masakan lawar dengan  bahan utamanya menggunakan daging ayam. Di Pulau dewata Bali, masakan khas lawar ayam banyak dicari dan dinikmati oleh para turis baik dalam negeri maupun luar negeri, karena tentu rasa dari masakan khas lawar ayam ini tidak kalah lezat dengan masakan khas lainya yang ada di pulau Bali. Menggunakan bahan – bahan rempah seperti lada hitam dalam pembuatanya tentunya sangat baik untuk kesehatan, karena kandungan piperin didalam lada hitam dapat mencegah kanker. Penelitian yang dilakukan oleh university of Michighan Cancer Center , ditemukan bahwa lada hitam dapat mencegah perkembangan sel kanker payudara.Masakan lawar ayam ini sangat enak dan lezat untuk dinikmati selain kandunganya yang berkhasiat untuk kesehatan.  Nah bagi anda yang ingin membuatnya dirumah  masakan lawar ayam khas pulau Bali ini  yang mungkin belum sempat dan berkunjung ke Bali, silahkan simak selengkapnya dibawah ini: 

"Resep Masakan Khas Bali Lawar Ayam"
Lihat resep lainnya:
Resep Masakan Khas Bali Lawar Ayam 
Bahan yang harus dipersiapkan: 
Dua sendok teh cabai keringa yang sudah digiling
Dua sendok makan bumbu kaldu ayam
Empat hingga enam cabai jawa lalu diiris-iris
Dua buah cabai merah lalu buang bijinya dan potong serong
Tiga siung bawang merah yang dikupas, diiris lalu digoreng
Seratus gram kelapa yang sudah diparut lalu disangrai
Dua ratus gram kacang panjang yang telah direbus dan dipotong berukuran satu ruas jari kelingking

Isi Bahan:
Dua ratus gram daging ayam yang sudah dibuang tulangnya lalu kemudian disuwir-suwir atau iris kecil-kecil
Dua sendok makan kaldu ayam
Satu sendok teh air perasan jeruk nipis
Satu sendok teh garam
Setengah sendok makan lada hitam yang sudah dihaluskan
Daun pisang secukupnya sebagai pembungkus

Cara Membuatnya:


Ambil sebuah mangkok, lalu masukan potongan kacang panjang, kelapa sangrai parut, bawang putih goreng  dan bawang goreng merah, potongan cabai beserta bumbu kaldu ayam kedalam mangkuknya lalu aduk hingga ercampur sampai merata.

Untuk isianya siapkan sebuah wadah lalu kemudian masukan suwiran daging ayam dan dua sendok makan bumbu kaldu ayam lalu aduk hingga merata dan membentuk seperti adonan.

Siapkan daun pisang , bentuk sesuai selera anda letakan adonan ke dalam daun pisang seperti memanjang dan gulung lalu bungkus adonan hingga padat.

Kukus gulungan adonan tadi selama kurang lebih sekitar 30 menit, setelah 30 menit angkat dan buka kukusan gulungan adonan , keluarkan isianya lalu hancurkan dengan sendok garpu.

Campur kukusan daging ayam yang telah dihancurkan dengan campuran rebusan kacang panjang lalu beri garam secukupnya, merica, dan perasan jeruk nipis. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata. Hidangkan lawar ayam diatas piring lalu taburi dengan bawang goreng renyah sebagai hiasan diatasnya. Dan lawar ayam siap disantap untuk dinikmati.

Resep Masakan Khas Bali Lawar Ayam. Demkian resep masakan Lawar Ayam Khas Bali ini semoga bermanfaat dan berguna. Untuk para pecinta kuliner Indonesia terus kunjungi situs ini untuk selalu mendapatkan informasi resep masakan khas tradisional daerah Indonesia sampai jumpa kembali pada resep terbaru lainnya.